Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Cara menghilangkan flek hitam di wajah, atau yang dikenal juga dengan melasma, kokoloteun, spruten, atau noda yang biasa dilakukan di klinik skincare, dilakukan melalui beberapa metoda. Misalnya mikrodermabrasi, chemical peeling, teknik laser, dermaroller, serta pemberian eksfolian dan pemutih. Cara ini dilakukan apabila cara alami menghilangkan flek hitam yang anda lakukan sudah tidak lagi mempan.

Menghilangkan flek hitam secara alami tentunya murah meriah. Anda bisa dapatkan bahan-bahannya di pasar atau warung terdekat. Misalnya dengan mentimun, air jeruk lemon, bekuang dan lain lain. Jangan mengharapkan hasil yang sekejap. Dan bahkan bila flek hitamnya cukup dalam, maka membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bisa tanpa hasil sama sekali.

Tapi pada kesempatan ini tidak akan membahas cara alami, karena sudah banyak tips alami yang ditulis di internet. Sehingga artikel ini akan difokuskan pada cara klinis yang biasa dilakukan di klinik skincare. Cara klinis mana yang lebih murah? Apa keuntungan dan kelebihannya? Dan menurut pengalaman, mana yang lebih efektif?

Noda hitam, spruten atau flek hitam pada umumnya disebabkan oleh faktor keturunan, luka (baca: cara menghilangkan bekas jerawat), radiasi sinar matahari, umur dan alat kontrasepsi. Tapi di samping itu, ada beberapa faktor lain yang menjadi pemicu flek, yaitu :
  1. Kulit yang sukar beregenerasi.
  2. Produksi minyak.
  3. Iritasi kulit.
  4. Stress.
Menghilangkan flek dan bekas jerawat biasanya membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih cukup lama. Anda tidak bisa mengharapkan hasil secara instan dalam 1 atau 2 bulan agar flek dan noda hitam terhapus secara sempurna. Walaupun dengan teknik laser sekalipun.
Teknik laser yang untuk sebagian orang sangat menyiksa dan menyakitkan, harus dilakukan berulang kali hingga flek benar-benar pupus. Bukan hanya itu, cara laser akan membutuhkan biaya belasan hingga puluhan juta.

Apalagi bila kondisi fleknya sudah menembus hingga ke lapisan epidermis. Tidak jarang perawatan kulit yang demikian mahal hanya menyisakan kegagalan, dan problem baru yang serius (yaitu kulit menjadi sangat sensitif terhadap matahari dan menjadi tipis).

Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan metoda menghilangkan flek yang hendak dicoba, alangkah baiknya menimbang dengan seksama kerugian dan kelebihannya.

Menghilangkan Flek dan Noda Hitam di Wajah

Berikut beberapa cara yang bisa anda pertimbangkan untuk merawat flek hitam dan noda yang anda punya. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit sebelum menentukan cara mana yang akan dipilih. Tentunya dengan memperhitungkan biaya yang harus anda keluarkan.

Pesan saya adalah, selama menjalani perawatan, gunakanlah sunblok dengan spf tinggi untuk menghindari efek merah-merah karena kemungkinan terbakar kulit oleh sinar matahari. Pemakaian sunblok tidak cukup hanya sehari sekali saja, apalagi bila anda lama berada di ruangan terbuka. Sebaiknya aplikasi dilakukan setiap 2 jam sekali, bahkan lebih baiknya setiap 1 jam.

Menghilangkan Flek Hitam dengan Rich Amor

Kita akan mulai dengan cara yang paling ekonomis, yaitu menggunakan produk penghilang flek hitam dari Rich Amor. Walaupun relatif lebih ekonomis dibandingkan dengan cara klinis lainnya, tapi menurut pengamatan pribadi sudah cukup memuaskan. Minimal anda akan segera mempunyai kulit yang cerah dan flek akan semakin memudar dalam 1 atau 2 bulan pertama.

Kunci dari perawatan flek hitam dengan Rich Amor adalah perawatan rutin harian, yang meliputi pembersihan kotoran, kulit mati, perlindungan dan pelembab. Namun walaupun krim siangnya mengandung spf 15, anda sebaiknya menggunakan tambahan sunblok minimal spf 30 bila berada di ruangan terbuka cukup lama. Metoda ini walaupun paling ekonomis, akan tetapi bila level perawatannya tepat maka bisa menjadi pilihan terbaik.


Untuk pemesanan penghilang flek Rich Amor, silahkan menghubungi pin BB 29394FA4, KAKAO/LINE : richamor, WhatsApp 081311300412 atau email ke info@richamorindonesia.com

Dermaroller

Cara menghilangkan noda hitam yang kedua adalah dengan dermaroller. Dermaroller mempunyai roller yang berisikan jarum-jarum halus untuk mengikis kulit mati dan membuat pori-pori. Tujuannya adalah untuk memudahkan penyerapan obat. Bila anda tidak tahan rasa sakit, sebaiknya memilih metoda lainnya. Atau bila anda merasa cara ini harus anda coba, maka dokter akan terlebih dahulu memberikan bius atau krim anasthesi untuk menahan rasa sakit.

Metode menghilangkan flek hitam di wajah dengan dermaroller adalah sebagai berikut:
  1. Proses pembersihan.
  2. Aplikasi obat bius.
  3. Roller kulit dengan berbagai arah ( atas-bawah-kiri kanan-diagonal) sekitar 10-12 menit, ditekan dengan menggesernya secara perlahan.
  4. Sterilisasi.
  5. Pemberian serum, vitamin atau kolagen.
Dibutuhkan 3x hingga 20x  perawatan. Dilakukan seminggu sekali atau disesuaikan dengan kondisi kulit pasien.

Asam Kuat

Pemberian asam kuat biasa disebut dengan chemical peeling. Chemical peel merupakan metode pemberian asam konsentrasi kuat agar kulit menjadi lebih sensitif. Ketika kulit menjadi sensitif, maka kulit mati akan mudah dikelupas. Tapi banyak orang yang tidak menyukai cara mencerahkan kulit wajah dengan chemical peeling, karena kulit terkelupas hebat dan menjadi merah seperti kepiting rebus.

Laser Resurfacing

Teknik resurfacing dengan laser digunakan untuk menghancurkan flek dan noda hitam. Daerah berpigmen akan menyerap cahaya, dan dihancurkan kemudian mengalami penguapan. Kulit akan dipaksa untuk membuat kulit baru untuk menyembuhkan daerah tersebut. Tapi metoda menghilangkan flek hitam ini cukup mahal dan bisa menyakitkan. Dan metode ini harus dilakukan berkali-kali hingga flek hitam menjadi semakin menipis dan hilang. Teknik laser membutuhkan waktu sedikit lebih lama supaya kulit kembali pada kondisi normal.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah teknik menghilangkan flek hitam dengan menggunakan kristal halus. Kristal ini akan merontokan bintik-bintik gelap dan kulit mati. Caranya hampir sama dengan dermaroller. Dan metoda inipun harus dilakukan beberapa kali.