Kesehatan dan Penyakit Kulit

Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Dan Wajah

Cara menghilangkan komedo di hidung belum tentu bisa dilakukan hanya dengan cara facial saja. Ada hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mencabut semua komedo hitam atau komedo putih. Bahwa komedo akan mudah diekstrak apabila isinya sudah lentur. Kalau masih keras, jangan sekali-kali komedonya minta untuk diekstrak karena hanya akan mengakibatkan pecahnya dinding kapiler (pelebaran peradangan).
Cara Menghilangkan Komedo Dengan Komedo Ekstarktor
Btw, bila kamu kebetulan jarang melakukan facial, maka bisa jadi setelahnya wajah kamu dikerubuti oleh jerawat. Sehingga, bila dalam 1 atau 2 minggu kemudian kamu akan menghadiri acara penting, sebaiknya tahan dulu untuk pergi ke salon. Kasus berjerawat setelah facial sangat mungkin terjadi apabila di bawah lapisan kulit banyak terdapat tumpukan minyak dan kotoran. Sehingga ketika proses pemijatan, kotoran dan timbunan minyak akan dipaksa untuk keluar. Dan bila jalan keluarnya tersumbat oleh pori-pori, maka akan sangat mungkin timbul jerawat. Namun tidak perlu khawatir, bilapun itu terjadi anda saya bekali cara mengatasinya (baca : cara mengatasi jerawat dan bekasnya)

Menghilangkan komedo yang benar bukanlah dengan pore pack, atau juga facial. Tidak ada cara yang instan. Kuncinya adalah perawatan rutin harian, dan pengkondisian isi komedo supaya menjadi lentur dari hari ke hari. Cara ini bukan saja bermanfaat untuk mengatasi komedo yang sudah ada, namun juga sebagai usaha pencegahan. Ok, mari kita sekarang segera meluncur, bagaimana tips mengatasi komedo yang benar.

Perawatan Wajah Harian

Perawatan wajah di pagi hari:
  1. Sebelum shalat shubuh baiknya kamu mandi dulu yah. Kemudian lakukan langkah berikut setelah shalat.
  2. Bersihkan wajah dengan susu pembersih. Oleskan di beberapa tempat termasuk leher, kemudian lakukan pemijatan dengan lembut selama 3 menit. Lakukan juga pemijatan disertai dorongan lembut terutama di sekitar dahi, dagu dan hidung sebagai tempat utama bersarangnya komedo. Selesainya, gunakan kapas khusus muka untuk mengelap susu pembersih hingga bersih. Untuk kulit yang berminyak ada sedikit modifikasi. Yaitu gunakanlah peeling scrub (http://www.richamorindonesia.com/peeling-scrub/). Peeling scrub memiliki butiran lembut dan kenyal, yang sangat efektif dalam mengangkat kotoran/minyak penyumbat pori-pori, menghaluskan, dan sekaligus mengangkat kulit mati di permukaan wajah.
  3. Selesai dengan susu pembersih, pakailah toner. Toner sangat bermanfaat untuk menyingkirkan sisa susu pembersih sekaligus untuk mempercepat penipisan warna.
  4. Cucilah wajah dengan sabun hingga bersih. Tidak perlu dengan air hangat, tapi cukup dengan air keran.
  5. Gunakan produk eksfolian ringan (retinol, atau retinoid acid). Manfaatnya adalah untuk membuat isi komedo menjadi lebih lentur.
  6. Setelah menggunakan eksfolian, kulit biasanya menjadi rada kering. Untuk itu anda butuh krim siang. Krim siang yang baik bukan hanya sebagai perlindungan terhadap matahari. Namun juga dapat memberikan manfaat sebagai pelembab. Baik itu karena selesai memakai eksfolian, juga karena panas matahari. Memakai pelembab walaupun mempunyai jenis kulit berminyak, tetaplah penting. Jadi sebelum beraktifitas, maka janganlah lupa mengoleskan krim siang. Walaupun kamu bekerja di ruangan ber-AC, tetap gunakan krim siang supaya terhindar dari kekeringan dan penuaan dini.


Perawatan wajah di malam hari:

Urutannya hampir sama dengan perawatan muka di pagi hari. Bedanya krim siang kita ganti dengan krim malam.
Hasil dari perawatan wajah rutin di atas, maka kita bisa menkondisikan komedo menjadi lebih lentur. Dan tentunya akan mencegah komedo sedini mungkin. Ndak perlu mengeluarkan biaya perawatan harian yang mahal, tapi kulit senantiasa sehat. Siapa yang mau punya kulit sehat seperti itu? Ya pasti semuanya mau dong yah. Oleh karena itu, cara perawatanan harian tersebut di atas jangan sampai luput. Apalagi jika kulit kamu setiap harinya berada di dalam kondisi ekstrim, terpapar matahari, banyak polusi dan berdebu. Saya lupa menambahkan sunblok. Gunakanlah sunblok jika kamu hendak beraktifitas outdoor di siang hari.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih Di Salon

Manfaat dari perawatan harian di atas bukan hanya untuk komedo saja. Tapi juga untuk pencegahan problem kulit lainnya seperti jerawat, mencegah kulit kusam, dan penuaan dini. Dan bila perawatan wajah tersebut sudah dilakukan selama 2 atau 3 minggu, diharapkan komedo sudah menjadi lentur sehingga sudah siap untuk diekstrak.

Melakukan ekstraksi komedo bisa dilakukan dengan menggunakan alak komedo ekstraktor, atau dipencet dengan jari. Khususnya untuk jenis komedo hitam, maka tidak ada jalan lain selain melakukan ekstraksi di saat facial. Menghilangkan komedo hitam, ya, harus dipencet supaya isinya bisa dikeluarkan. Sedangkan untuk kasus komedo putih ringan, walaupun hanya dengan perawatan harian sudah bisa diatasi.

Sebaiknya kamu sediakan selalu krim anti jerawat di rumah, untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya jerawat paska facial. Apalagi bila kamu sudah lama tidak melakukan facial, atau bahkan baru kali ini akan melakukannya.

Cara yang benar dalam menghilangkan komedo adalah :

  1. Basuhlah wajah kamu dengan air kemudian lap dengan lembut.
  2. Campur cleansing milk dan tepung scrub dan aduk hingga merata. Dan mulailah proses scrubbing. Scrubbing sangat bermanfaat untuk pengangkatan sumbatan pori-pori, sisa make-up, minyak, daki, dan kulit mati. Lakukan pemijatan lembut agar kotoran dan timbunan minyak di bawah permukaan kulit bisa terdorong keluar.
  3. Bila kulit kamu berminyak, sisa susu pembersih harus segera dihilangkan dengan menggunakan toner.
  4. Kemudian cucilah muka dengan menggunakan sabun.
  5. Lap muka dengan handuk, namun jangan menggosoknya dengan kasar. 
  6. Supaya komedo dibuat lebih lentur, lakukan proses steaming selama 10 – 15 menit.
  7. Oleskan eksfoliator agar isi komedo dibuat jauh lebih lentur. Diamkan selama 10-15 menit agar bahan eksfoliator diserap dengan baik oleh kulit.
  8. Sekarang komedo sudah bisa diekstrak. Siapkan lap atau kapas untuk menampung komedo hasil ekstraksi. Pastikan komedo ekstraktor dalam keadaan steril. Cucilah sebelumnya dengan menggunakan larutan antiseptik atau disinfektan.

Apabila kamu telah selesai melakukan perawatan seperti di atas (di rumah atau di salon), perhatikanlah hal-hal berikut ini:
  • Jangan mandi dengan air panas karena akan mengupas cahaya wajah kamu yang sudah lebih terang.
  • Sebaiknya jangan menggunakan kosmetik terlebih dahulu.
  • Jangan iseng menyentuh muka dengan tangan yang belum tentu steril.
  • Semoga dengan langkah diatas bisa menghilangkan komedo serta mencegahnya datang kembali. Untuk referensi lebih lanjut silahkan kamu membaca artikel cara menghilangkan komedo di website Rich Amor Indonesia