Cara Melangsingkan Tubuh

Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan semua orang. Tubuh yang langsing bagi pria apalagi wanita akan meningkatkan kepercayaan diri dan memperbaiki penampilan. Pola hidup, faktor keturunan, kondisi kesehatan, menu makanan dan pola makan merupakan faktor penting yang akan menentukan berat badan anda. Tapi apa jadiya jika anda memiliki badan yang gemuk, atau terlalu langsing? Kita akan bahas di sini cara melangsingkan tubuh dan memiliki berat badan yang ideal, melalui pola hidup dan jenis makanan yang sebaiknya anda konsumsi.

Tentunya anda tidak menginginkan terkena obesitas, bukan? Maka untuk menurunkan berat badan, anda perlu melakukan segera gaya hidup sehat. Mungkin anda berpikir, ahh gampang, kan tersedia suplemen, dan obat penurun berat badan. Walaupun demikian, semua itu harus dilakukan dengan effort dan biaya besar. Dan disamping itu banyak dari obat-obatan penurun berat badan yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan tubuh karena akan menyebabkan efek samping dalam jangka waktu panjang.

Pola hidup yang dianjurkan agar berat anda terkontrol adalah mengkonsumsi makanan sehat dan gizi yang tepat, menghindari makan fastfood, berolahraga, menghindari minuman beralkohol, menghindari merokok dan tidur yang cukup.


  1. Olahraga
    Inilah cara yang paling manjur untuk menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh. Luangkanlah waktu dengan melakukan olahraga ringan di saat pagi dan menjelang tidur. Hal tersebut dilakukan untuk membakar lemak dari makanan yang dikonsumsi dan mengubahnya menjadi energi. Dengan berolahraga rutin setiap hari, selain akan memiliki bentuk tubuh ideal dalam waktu cepat.
  2. Konsumsi Buah dan Sayuran
    Sayuran dan buah-buahan yang sangat kaya vitamin tentunya sangat baik bagi tubuh. Buah dan sayuran tertentu biasa digunakan untuk berdiet dengan cara alami.
  3. Mengkonsumsi Air Putih
    Minum air putih minimal 8 gelas per hari akan membantu tubuh membersihkan racun-racun melalui keringat dan urine.
  4. Jauhi Makanan Berkolesterol
    Sebaiknya anda segera menghentikan makanan berlemak seperti goreng-gorengan. Ngemil goreng-gorengan di sore hari ditemani air teh memang nikmat, namun mulai saat ini anda perlu mengurangi aktifitas tersebut. Karena lemak yang bersarang pada goreng-gorengan lebih banyak. 
  5. Porsi Kecil
    Berdiet bukan berarti anda menghentikan sama sekali makan. Makanlah seperti biasa, termasuk dengan asupan karbohidrat agar anda tetap berenergi dan bugar. Namun yang perlu diperhatikan adalah mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil. 
  6. Hindari Stres
    Stres dapat menjadi faktor yang menentukan berat badan anda. Banyak orang yang ketika stres justru lebih giat menyantap makanan. Selain itu stres akan mengacaukan sistem hormon. Sehingga selalu rileks dan tetap tenang adalah cara terbaik untuk mengontril berat badan anda. 


Makanan Yang Membantu Untuk Melangsingkan Badan 

Beberapa cara melangsingkan tubuh seperti diatas dapat anda praktekkan setiap hari agar memiliki bentuk tubuh dan berat badan ideal.  Karena dengan demikian, anda akan meminimalisir penyakit yang akan menyerang tubuh anda.

Solusi tepat dan ampuh melangsingkan badan adalah melalui jenis makanan yang sebaiknya anda konsumsi. Apa saja jenis makanan tersebut? Simaklah jenis makanan yang dapat membantu anda menurunkan berat badan berikut ini :

1. Daging sapi : Percaya atau tidak, ternyata menyantap daging sapi ternyata dapat menurunkan berat anda. Riset dari The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, wanita yang dalam dietnya menyertakan daging merah mengalami penurunan berat lebih banyak ketimbang mereka yang menyantap jumlah kalori sama dengan sedikit daging sapi.

2. Yogurt : Yogurt dapat menekan rasa lapar dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hasil penelitian dari University of Tennessee, menyebutkan bahwaorang yang mengkonsumsi yogurt akan mengalami 61 persen penurunan lemak lebih besar, dan 81 persen lemak perut dibanding dengan yang tanpa menyantap yogurt.

3. Apel : Sebuah apel sehari dapat mencegah terjadinya penambahan berat, demikian riset para ilmuwan di Penn State University. Mereka yang makan sebuah apel sebelum menyantap pasta tercatat mengonsumsi sedikit kalori dibanding mereka yang menyantap kudapan lain. Apel memiliki kandungan serat yang tinggi —4 sampai 5 gram—yang membuat perut jadi kenyang. Hebatnya lagi, antioksidan pada apel dapat mencegah sindrom metabolik, yang ditandai dengan penumpukan lemak di lingkar perut

4. Telur : Telur tidak akan merusak jantung Anda, tetapi justru membantu Anda lebih langsing. Riset para ahli di Louisiana State University Baton Rouge menunjukkan, wanita yang menjalani diet rendah kalori dan menyantap telur, roti dan jelly tiap pagi kehilangan berat dua kali lebih banyak ketimbang mereka yang sarapan bagel dengan jumlah kalori sama tapi tanpa telur. Menurut peneliti, telur membuat kenyang, sehingga Anda makan lebih sedikit.

5. Oatmeal : Makanan ini merupakan makanan terbaikk yang dapat mengenyangkan. Tidak seperti kebanyakan karbohidrat, oatmeal akan dicerna lebih lambat oleh tubuh.

6. Cabai : Cabai bisa meningkatkan metabolisme. Capsaicin yang merupakan zat yang terkandung di dalamnya mempunyai efek thermogenic, yakni membuat tubuh membakar lemak.

7. Alpukat : Jangan biarkan kandungan lemak dalam sebuah alpukat (29 gram) membuat Anda cemas. Justru itulah yang membuat makanan ini menjadi penurun berat terbaik. Kandungan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan rasa kenyang.

8. Minyak zaitun : Minyak zaitun seperti halnya oatmeal akan meningkatkan rasa kenyang, dan mengerem nafsu makan. Riset menunjukkan bahwa minyak zaitun bermanfaat sebagai anti inflamasi.

Itulah tips alami untuk mendapatkan berat badan ideal dan cara melangsingkan badan yang aman dan tidak ada efek samping.